Jangan Salahkan Pelajar kalo Pelajar sedikit Kurang Ajar Sementara Gurunyapun Malas Mengajar

Pages

Blogger templates

 

Selasa, 08 Juli 2014

PETUNJUK TEKNIS BANTUAN REHABILITASI RUANG KELAS MADRASAH TAHUN ANGGARAN 2014



PETUNJUK TEKNIS
BANTUAN REHABILITASI RUANG  KELAS MADRASAH TAHUN  ANGGARAN  2014



Iktiar  Pemerintah   dalam  penyediaan  sarana  dan  prasarana  khususnya     bagi Madrasah (MI, MTs  dan MA) terus dijalankan. Mengingat ketersediaan anggaran yang ada,  belum  mampu  sepenuhnya  memenuhi  keinginan  penyelenggara pendidikan Madrasah  dari jenjang Raudlatul  Athfal  (RA),  Madrasah  Ibtidaiyah (MI),  Madrasah Tsanawiyah (MTs)  dan Madrasah Aliyah  (MA).Oleh karenanya setiap tahun program ini hadir untuk  memenuhi standard  pelayanan minimal Madrasah, sehingga upaya mewujudkan pendidikan bermutu cepat terwujud.
Jumlah  total Madrasah sampai saat  ini kurang  lebih tujuh  puluhan ribu lembaga.
Namun,  jumlah  anggaran  rehabilitasi  yang  diterima  oleh  Direktorat  Pendidikan Madrasah  Direktorat  Jenderal  Pendidikan  Islam  Kementerian  Agama  tiap  tahun masih  belum  mencukupi  untuk   mendanai  madrasah  jika  dibandingkan  dengan jumlah madrasah yang ada, terutama untuk membangun ruang kelas yang rusak.

Program rehabilitasi madrasah  diharapkan  dapat  mewujudkan peningkatan  mutu madrasah  yang pada  gilirannya dapat  meningkatkan mutu  sumber  daya manusia Indonesia agar mampu berdaya saing dalam era keterbukaan  dan globalisasi. Selain itu  untuk  mendukung  gerakan  sekolah/madrasah  aman  dan  nyaman  sehingga kondusif  untuk  Proses Belajar Mengajar (PBM). Oleh karenanya, madrasah penerima program  rehabilitasi  ruang   kelas   diharapkan   agar   mengacu  kepada   pedoman penerapan sekolah/madrasah  aman yang diterbitkan oleh Badan Nasional Penanggulangan  Bencana  (BNPB)   dalam  pelaksanaan  rehabilitasi.  Di  samping  itu program ini dimaksudkan untuk mendukung program sekolah/madrasah sehat.

Agar program rehabilitasi madrasah  dapat berjalan dengan baik, efektif dan  efisien sehingga  dapat   mengotimalkan kualitas   pelayanan,  maka  para   petugas  dan penanggungjawab program mulai dari Direktorat Pendidikan Madrasah, Bidang Pendidikan   Madrasah    Kanwil  Kementerian   Agama   Propinsi,   Seksi   Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, sampai pada tingkat satuan pendidikan yang menerima dana  rehabilitasi ruang  kelas  harus  mengacu pada petunjuk  teknis  ini,  dalam  melakukan persiapan,  pelaksanaan  dan evaluasi.Diharapkan  juga  Panitia  Rehab  dapat  memahami  dengan  benar  teknis pekerjaan rehabilitasi yang harus mereka laksanakan.

Demikian serius  komitmen pelayanan ini, maka program rehab menjadi target oleh Unit  Kerja  bidang  Pengawasan  dan  Pengendalian  Pembangunan  (UKP4).  Dengan demikian laporan kemajuan setiap periodik harus dilakukan.

Akhirnya, kami berharap agar semua pihak terkait mempelajari dengan seksama dan menjadikan  Petunjuk  Teknis Program Rehabilitasi Ruang Kelas Madrasah  ini sebagai pedoman  serta  acuan  dalam  pelaksanaan  program  rehabilitasi  Madrasah  tahun anggaran 2014.

Selengkapnya Download 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar