Jangan Salahkan Pelajar kalo Pelajar sedikit Kurang Ajar Sementara Gurunyapun Malas Mengajar

Pages

Blogger templates

 

Jumat, 11 Mei 2012

Belajar Excel 2007: Menggunakan Fungsi Logika If

Pada pelajaran sebelumnya kita terlah belajar tentang beberapa rumus sederhana tentang excel. Saya harap pelajaran sebelumnya telah diphamami dengan benar dan sudah benar benar bisa mempraktikannya.
Kali ini saya akan melanjutkan untuk belajar fungsi logika if. Namun Sebelum kita belajar menggunakan fungsi logika if, pertama marilah kita ketahui beberapa simbol pada fungsi logika if. perhatikan tabel berikut:
Fungsi Logika If
Dari simbol simbol diatas  marilah kita terapkan dan pelajari satu persatu, bukalah lembar kerja excel yang baru yang baru, kita mulai dari simbol > (lebih besar dari). Cobalah ketik: =7>6 (sama dengan tujuh lebih besar dari enam)  pada klom C3 stelah itu tekan enter, maka tampillah keterangan “TRUE” yang artinya benar. Perhatikan gambar!
Belajar excel 2007
Nah sekarang coba kita balik pernyataan diatas dengan menggunakan simbol < (lebih kecil dari) dengan menggunakan angka yang sama. Marilah kita ketik : =7<6 (Tujuh lebih kecil dari pada enam) pada kolom di bawahnya, kemudian tekan enter. Maka keterangan yang akan tempil adalah “FALSE” yang artinya salah. Perhatikan gambar!. Untuk simbol yang lainnya bisa kita praktekan sendiri.
Belajar excel 2007
Tampilnya keterangan “TRUE” atau “FALS”  tergantung pada logis dan tidaknya pernyataan yang kita buat. seperti yang telah saya contohkan di atas, Jika tujuh lebih kecil dari pada enam secara logika tidak masuk akal, maka keterangan yang tampil adalah “FALS”. Sebaliknya jika tujuh lebih besar dari enam, maka secara logika sangat masuk akal, oleh karena itu maka keterangan yang tampil adalah “TRUE”. Sebenarnya inilah yang dimaksud dengan Fungsi Logika IF.
Fungsi Logika If bisa kita gunakan untuk menfilter angka anka sesuai dengan kriteria angka yang kita inginkan. Misalnya kita ingin menyeleksi calon Polisi dengan tinggi minimal 170 cm. Maka sebelumnya kita harus membuat daftar tabel  pada sebuah lembar kerja yang  berisi nama nama calon polisi yang di lengkapi dengan tinggi calon polisi tersebut, misalnya sebagai berikut:
cara menggunakan fungsi logika if
Pada tabel di atas jika kita ingin mengetahui mana sajakah yang tingginya masuk kriteria lulus seleksi atau gagal kita bisa menggunakan fungsi=IF(B2>=170,”Lulus”,”Gagal”), ketikkanlah fungsi tersebut pada kolom keterangan. Dalam latihan kali ini yaitu pada C2. kemudian tekan enter. Maka akan terlihat hasilnya seperti dalam gambar berikut!
Saatnya Beralih Ke Indosat Mobile!
Dari hasil di atas terlihat bahwa calon polisi dengan nama Abd Aziz dinyatakan Lulus dalam seleksi. Nah sekarang bagaimanakah denga calon polisi lainnya? Siapa saja yang lulus dan gagal. Kita bisa melihat dengan cara mengcopy sel C2 kedalam sel C3 sampai C10, maka secara otomatis akan ketahuan siapa saja yang lulus dan yang gagal. Perhatikan gambar berikut!
Saatnya Beralih Ke Indosat Mobile!
Dari keterangan di atas terlihat bahwa yang Lulus seleksi adalah Abd Aziz, Akmal M, Hasan S, Ismail dan Inul. sementara yang lainnya gagal.
Demikian tutorial cara menggunakan fungsi logika if, silahkan berlatih dengan menggunakan problem, simbol  dan angka yang berbeda. Semoga bermanfaat!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar