Menjadi guru yang baik saat mengajar bukan soal sifat si guru
tersebut tapi soal kemampuan mengatur irama pembelajaran. Guru yang
sifatnya baik pun akan cepat marah jika muridnya sering berlaku tidak
tertib. Salah satu hal yang membuat siswa tertib adalah kesibukan yang
bermakna. Membuat siswa bisa sibuk namun tetap bermakna memang tantangan
semua guru. Ada guru yang senang memberi soal sulit pada siswanya
dengan harapan siswanya sibuk dan waktu mengajar dia tidak dipusingkan
oleh masalah perilaku.
Padahal sebaliknya hal tadi hanya terjadi pada siswa yang perilakunya
memang sudah baik, sementara anak-anak yang lain akan cepat bosan dan
justru membuat ulah karena merasa gurunya memberi pekerjaan sulit tanpa
jalan keluar. Karena pekerjaannya sulit membuat anak -anak yang memang
sudah bermasalah pada perilaku akan timbul lagi keinginannya untuk
membuat keributan dan ujung-ujungnya guru akan merasa gagal dalam
mengajar siswanya di hari itu.
Ada beberapa cara untuk membuat jam pelajaran anda berlalu tanpa
terasa baik kita sebagai guru maupun siswa sebagai penikmat cara
mengajar dan perencanaan mengajar kita.
- rencanakan dalam seminggu perencanaan mengajar anda
- selalu update rencana pengajaran anda setelah dan sebelum mengajar
- tidur yang cukup setiap hari. Hal ini penting agar suasana hati kita terjaga dan tidak mudah emosi
- rencanakan pengajaran anda dalam team, jika tidak mungkin konsultasikan formal dan informal RPP anda pada rekan sesama guru.
- masuk kelas lebih awal bisa 3 menit atau 5 menit lebih awal.
- pikirkan 3 strategi atau rencana dalam mengajar, dengan demikian anak yang cepat selesai tetap punya kegiatan
- saat mengajar sempatkan memotivasi siswa. memotivasi itu bukan memuji karena memotivasi anda perlu mendalami karakter anak yang anda ingin motivasi
- tebarkan senyum pada seisi kelas
- ucapkan salam dengan semangat saat akan mengajar
- berikan soal yang menantang dan bukan sekedar sulit
- minta siswa untuk ajarkan siswa lainnya jika ia sudah selesai
- kurangi gaya ‘one man show’ saat mengajar, kurangi semangat untuk menceramahi siswa. Biarkan siswa juga berbicara di kelas, berbagi mengenai strateginya dalam mengerjakan soal yang anda berikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar