Jangan Salahkan Pelajar kalo Pelajar sedikit Kurang Ajar Sementara Gurunyapun Malas Mengajar

Pages

Blogger templates

 

Selasa, 16 Oktober 2012

Uji Kompetensi Guru Online 2012

Uji Kompetensi Guru Online 2012

Guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan menjadikan peran yang sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Tuntutan peran guru tersebut menjadi semakin besar dengan telah dicanangkannya guru sebagai profesional oleh Presiden pada tanggal 4 Desember 2004. Sehingga pada tahun 2005 terbitlah Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sehubungan dengan hal tersebut, kebijakan Pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan profesi guru telah dilakukan melalui berbagai upaya.
Profesionalisme guru diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kode etik profesi. Pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui upaya peningkatan kompetensi guru yang dilaksanakan dan diperuntukan bagi semua guru baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat. Sehubungan dengan itu, uji kompetensi guru (UKG) dilakukan untuk pemetaan kompetensi, pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dan sebagai entry point penilaian kinerja guru (PKG)
Untuk menghadapi ujian kompetensi Contoh soal uji kompetensi guru (UKG) atau kisi-kisi soal telah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Seperti dikutip dari kompas.com (23/07) bahwa Kemendikbud telah menyediakan contoh soal yang dapat diakses secara gratis di www.ukg.kemdikbud.go.id.
Tetapi sampai tulisan ini dibuat, website resmi Kemendikbud untuk mendapatkan contoh soal UKG online yang beralamat di www.ukg.kemdikbud.go.id belum bisa diakses. Hal ini tidak sesuai dengan yang dikatakan oleh Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Utara Bambang Winarji di Medan, Minggu (22/7/2012) “Tinggal diakses saja, terus diunduh, di sana ada pedoman-pedoman bahasan yang diujikan, 30 persen pedagogik, 70 profesional
Dalam uji kompetensi, guru akan mengerjakan soal yang berjumlah 100 soal dengan waktu 120 menit. Komposisi instrumen materi tes UKG adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional. Setiap lokasi ujian akan diawasi satu pengawas, dan teknisi. Para peserta UKG akan mengikuti ujian secara bergelombang. Tidak ada yang tahu soalnya akan seperti apa ketika pelaksanaan ujian yang sesungguhnya dan kemungkinan bocor sedikit karena semua berlangsung secara online.
Persiapkan diri sejak dini dengan terus belajar dan tetap bersikap tenang. Karena tujuan awal dari UKG Online adalah untuk menghimpun data awal dalam proses pembinaan profesi guru. PGRI juga pun meminta Kemendikbud agar UKG tidak dikaitkan dengan sertifikasi, terlebih dengan penerimaan tunjangan profesi guru (TPG). Kepada para guru peserta uji kompetensi hendaknya tidak terpengaruh rayuan oknum tertentu yang dapat menyediakan bocoran soal UKG dengan iming-iming uang.
Yukkk latihan dulu bisa klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar